Wednesday, February 16, 2011

Treaty with Spain

Treaty with Spain
(Cession of Porto Rico and the Philippines)

26 Juli 1898, sembilan hari paska menyerah di Santiago, pemerintah Spanyol melakukan negoisasi perdamaian melalui perwakilan Perancis di Washington (WA).
Perjanjian perdamaian antara The United States dan Kerajaan Spantol ditandatangani di Paris, 10 Desember 1898 lalu ratifikasi terakhir pada April 1899, diproklamirkan di Washington.
Berikut adalah pasal terkait dengan Puerto Rico;
Article II
Kepulauan Puerto Rico dan kepulauan lain dibawah kedaulatan Spanyol di Hindia Barat, pulau di wilayah Guam, Marianas, atau Ladrones  diserahkan kepada Amerika Serikat.
Article V (Paragraf ke dua)
Atas pertukaran ratifikasi dari perjanjian saat ini, Spanyol akan memproses evakuasi warga Filipina, seperti halnya pulau Guam, pada jangka waktu yang sama seperti yang disetujui oleh para Komisioner, mengatur waktu untuk evakuasi dari Puerto Rico dan kepulauan lain di Hindia Barat dibawah protokol 12 Agustus 1989 yang mana melanjutkan status angkatan bersenjata hingga ketentuan tersebut dilaksanakan.
Article VI
Pemerintah Amerika Serikat akan mengganti rugi kembali kepada Spanyol, dan pemerintah Spanyol akan mengganti rugi kepada Amerika Serikat; Kuba, Puerto Rico, Filipina, menurut situasi masing-masing negara. Narapidana bebas atau terbebaskan oleh masing-masing negara, secara bertanggung jawab dibawah perjanjian ini.
Aricle XI
Orang-orang Spanyol yang sedang tinggal disekitar teritorial (wilayah) dimana Spanyol dalam perjanian penyerahan ini atau pelepasan kedaulatan Spanyol akan menjadi pokok perhatian pemerintah. Sebagaimana kriminal dalam hak hukum peradilan di negara dimana mereka tinggal, menurut hukum pemerintahan yang sama; mereka memiliki hak untuk datang ke persidangan, dan untuk mengikuti kegiatan peradilan yang sama seperti warga negara dimana peradilan dilangsungkan.
Article XII
Tentang hak properti.
Lebih lanjut, baca bukunya. Konten di ambil dari buku berikut dan diterjemahkan oleh Anisa Caesar.
American Historical Document. Ed. Charles W. Eliot. Connecticut: Glorier Enterprises. 1995. Print.

No comments:

Post a Comment